Apa Sih Manajemen Sistem Informasi itu?

 

Halo, Saya Siti Aisyah, Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. Kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian dari Manajemen Sistem Informasi. Nah, sebelumnya pernahkah kalian mendengar istilah ini? Menurut sebagian orang, mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi. Apalagi dalam dunia kerja dan juga organisasi, manajemen sistem informasi ini sangatlah sering digunakan.

Dalam pengelolaan organisasi, hal yang sangat penting adalah informasi karena setiap fungsi organisasi tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya informasi. Pengolahan data untuk menghasilkan informasi adalah dengan menggunakan suatu sistem yang berbasis komputer. Sistem itulah yang dinamakan sebagai sistem informasi. Sistem informasi ini dapat digunakan untuk menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya. Begitu pun, dengan adanya manajemen sistem informasi, pekerjaan manusia dapat dilakukan dengan lebih mudah. Karena dengan adanya manajemen sistem informasi ini sebuah data atau informasi yang ada dalam sebuah sistem informasi dapat tersusun dengan rapih.

Sebenarnya, sistem informasi tersebut juga sudah mempermudah pekerjaan manusia, tetapi jika tanpa adanya sebuah manajemen yang mengatur, maka sistem tersebut justru dapat mempersulitnya. Lalu, untuk memberikan hasil yang akurat dan cepat, sistem informasi perlu dikelola dengan baik. Maka dari itu, digunakanlah ilmu manajemen sebagai dasar dari pengelolaan sistem informasi tersebut. Seperti yang telah banyak sumber dikemukakan bahwa dalam manajemen memiliki 5 fungsi pertama, yaitu merencanakan, mengorganisir/mengatur, menentukan staff, mengarahkan, dan pengendalian. Sumber lain juga mengemukakan bahwa manajemen adalah proses kegiatan mengelola sumber daya manusia, material, dan metode (3M: Men, Material, Method) berdasarkan fungsi-fungsi manajemen agar tujuan dapat tercapai secara efisien dan efektif.

Manajemen Sistem Informasi atau MSI sendiri memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. Beroperasi pada tugas-tugas yang terstruktur, yakni pada lingkungan yang telah mendefinisikan hal-hal berikut secara tegas dan jelas.
  2. Meningkatkan efisiensi dengan mengurangi biaya.
  3. Menyediakan laporan dan kemudahan akses yang berguna untuk pengambilan keputusan tetapi tidak secara langsung. Macam-Macam laporan yang dihasilkan MIS adalah Laporan Periodis, Laporan yang dihasilkan pada selang waktu tertentu, Laporan Ikhtisar, Laporan yang memberikan ringkasan terhadap sebuah informasi, Laporan Perkecualian, Laporan yang hanya muncul kalau terjadi kesalahan yang tidak normal, Laporan Perbandingan, Laporan yang menunjukkan dua atau lebih himpunan informasi yang serupa dengan maksud untuk dibandingkan.

Dengan demikian, Manajemen Sistem Informasi (MSI) berasal dari kata Management of Information System yang lazim disingkat MIS adalah ilmu yang mempelajari cara-cara mengelola pekerjaan informasi dengan menggunakan pendekatan sistem yang berdasarkan pada prinsip-prinsip manajemen.


Referensi :

Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kemendikbud, S. (n.d.).
Pengertian Data. Diambil dari https://sdm.data.kemdikbud.go.id:
https://sdm.data.kemdikbud.go.id/upload/files/15Arus%20Siswa%20Revisi.pdf
Konsep Dasar Sistem. (2018, Februari 14). Diambil http://kurtek.upi.edu:
http://kurtek.upi.edu/2018/02/14/konsepsistem/#:~:text=Konsep%20dasar%20sistem,satu%20sama%20lain%2C%20dan%20terp
adu.&text=Konsep%20lain%20yang%20terkandung%20di%20dalam%20definisi%20ten
tang%20sistem%20adalah%20konsep%20sinergi


Comments

Popular Posts